Jumat, 31 Mei 2019

Teori Abiogenesis

Asal-Usul Kehidupan


       Setiap individu pasti penasaran tentang asal mula kehidupannya pada zaman dahulu kan? Mengetahui tentang bagaimana proses pasti tentang asal usul kehidupan makhluk hidup di dunia memang sukar. Hanya Tuhan Yang Maha Esa yang pasti tahu tentang asal usul dari kehidupan ini sebenarnya.

         Meskipun demikian, beberapa ilmuwan berusaha mencari tahu tentang asal usul kehidupan manusia, karena saking penasarannya. Mereka berusaha terus menerus untuk mengetahui bagaimana kehidupan ini dimulai.
          Nah, di dalam ilmu biologi ternyata ada yang namanya teori asal usul kehidupan. Ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Seperti apa teorinya? Mari simak penjelasannya!
Sejak zaman dahulu, beberapa ahli sudah mengeluarkan berbagai pendapat mengenai asal usul makhluk hidup yang ada di bumi. Kita mulai dari teori yang tertua ya, yaitu:

TEORI ABIOGENESIS
       Teori Abiogenesis artinya makhluk hidup yang pertama kali di bumi berasal dari benda mati. Teori Abiogenesis dikenal juga dengan sebutan Generatio Spontanea yang artinya teori tersebut terjadi secara spontan atau terjadi begitu saja.  Jadi kalau pengertian Abiogenesis dan Generatio Spontanea kita gabungkan maka secara keseluruhan artinya adalah makhluk hidup yang pertama kali di bumi tersebut berasal dari benda mati atau tak hidup yang terjadinya secara spontan, misalnya :(1) Ikan dan katak berasal dari lumpur; (2) Cacing berasal dari tanah; (3) Belatung berasal dari daging yang membusuk.
                                  Pendukung Teori Abiogenesis

           Seperti yang terlihat dari isi teorinya, penganut dari abiogenesis adalah ilmuwan-ilmuwan di masa lampau seperti Aristoteles (384-322 SM) yang kemudian, Antony an Leuwenhoek, seorang Belanda, pada tahun 1677 ikut mendukungnya. Antony memerlihatkan, melalui mikroskopnya, bahwa makhluk renik berasal dari jerami yang direndam. Lalu, pada abad ke-19, teori ini disanggah.
A. Aristoteles
            Pada zaman Yunani Kuno Aristoteles (384-322 SM) yang berpendapat bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja. Beliau mengamati ikan-ikan yang hidup di air, ia melihat ikan tertentu keluar dari lumpur, menurutnya ikan-ikan berasal dari lumpur. Pendapat ini masih terus bertahan sampai abad ke 17-18.

B. Needham
             Beliau merebus air kaldu kemudian memasukannya kedalam botol, lalu menutup rapat botol tersebut dengan gabus. Ternyata beberapa hari kemudian muncul bakteri. Nedham menyimpulkan bahwa bakteri berasal dari kaldu. Padahal Nedham merebus kaldunya tidak dengan botolnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa bakteri berasal dari botol yang tidak steril.

C. Anton Van Leeuwenhoek
              Anthony berhasil membuat mikroskop dan melihat jasad renik di dalam air bekas rendaman jerami. Jadi Anthony menyimpulkan bahwa mikroorganisme berasal dari air.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Evolusi

Sejarah Perkembangan Teori Evolusi        Sebenamya Darwin bukan merupakan orang pertama yang menyampaikan gagasan evolusi, kit...